Ninja Jepang Seni Beladiri dan Mengelabuhi Musuh


 Asal Usul Ninja

Pakaian Ninja

Sekarang saatnya bagi saya nulis dikit-dikit tentang ninja, menurut sejarah bangsa Jepang yang pernah saya baca, ninja itu dipercaya berasal dari daratan China yang pada abad ke 6 bermigrasi ke Jepang bersamaan dengan migrasinya ajaran Buddha, nah jika aslinya dari negeri tirai bambu, lalu kenapa ninja lebih popular di Jepang daripada di China? itu belum dapat saya jawab.

Setelah ninja masuk ke Jepang, tehnik beladiri dan gaya ninja kemudian dikembangkan oleh Shoga no Umako dan Shoutoku Taishi. Kemampuan mereka kemudian digunakan sebagai pasukan pencari informasi dan berfungsi seperti agen(di tipi-tipi) yang menyelinap ke markas musuh untuk mendapatkan informasi dan mencari titik kelemahan musuh. Ninja pertama kali muncul dalam peperangan pada perang Magari tahun 1487.

Menurut catatan sejarah bangsa Jepang, dahulu di Jepang berkembang sekurangnya terdapat 49 kelompok ninja(busye, banyak banget). Namun dari sekian banyak hanya terdapat dua klan ninja yang paling terkenal yaitu Klan Ninja Iga dan Klan Ninja Kouga(mirip yang di pilem-pilem itu kan?) dengan wilayah kekuasaan yang sangat stategis yaitu diantara Owari dan Mikawa.

Klan Ninja Jepang

beladiri

tidak hanya orang Jepang yang mempelajarinya

Klan Ninja Kouga berasal dari para samurai keluarga Kouga yang mempelajari ninjutsu pada era Kamakura dan Klan Ninja Iga berasal dari era Heian, dikembangkan oleh keluarga Hattori.
Ada beberapa ninja yang terkenal karena ketangkasan yang mereka miliki:
1. Hanzou Hattori. Ia adalah yang pertama dari 3 ninja Iga terhebat. Saat peristiwa Hannouji Temple, ia mengamankan Ieyasu Tokunaga ke kuil Okazaki. Karenanya namanya sangat terkenal, bahkan diambil menjadi  nama tempat ( Hanzoumon The Imperial Palace ).
2. Sandayu Momochi. Ia dalah yang ke-2 dari 3 ninja Iga. Ia membawa ratusan ninja lainnya. Saat perang Tensho Iga terjadi, momochi menghilang dan tak pernah ditemukan lagi.
3. Nagatonokami Hujibayashi adal yang ke-3 dari ninja Iga.
4. Kotaro Fuma Anggota ke 4 dari keluarga Fuma yang dikenal cerdik. Pernah membuat bingung para lawannya, dengan melakukan serangan malam saat berperanng melawan Katsuyori Takeda.
5. Goemon Ishikawa adalah murid dari Sandayu Momochi, yang terkenal karena pernah mencoba membunuh Hideyoshi Toyotomi. Namun gagal dan dihukum mati di tepi Sungai Kyoto Sanjo.
6. Yoshitsune Minamotono, terkenal karena pernah melakukan aksi meloncat dari kapal ke kapal pada perang Dannoura. Ia juga membuta hipotesis kalau Genghis Khan pun sebenarnya seorang ninja .
7. Bashou Matsuo Saat berusia 40 tahun, ia menempuh jarak Edo-Touhoku dalam waktu hanya 150 hari, dengan berjalan kaki.

Keterampilan Menjadi Ninja

Dalam kesehariannya ninja memiliki etika dalam penggunaan ilmu dan kekuatannya sama seperti Samurai dan inilah salah satu alasan yang membuat saya menyukai budaya Jepang. Ninja tidak boleh menggunakan kemampuan dan kekuatannya untuk kepentingan pribadi terlebih untuk kejahatan. Mereka harus merahasiakan identitas dirinya yang sesungguhnya dan tak boleh diketahui orang lain bahwa ia seorang ninja. Mereka harus melaksanakan misinya dengan segala cara meski harus membuang harga diri, ego dan rasa malunya. Mereka juga harus pandai menjaga rahasia atau strategi ilmu ninja hingga tak bisa diketahui umum (kalau perlu dengan mempertaruhkan nyawanya).
Untuk itu mereka seringkali menyamar sebagai:
1. Komuso/pendeta Zen, biasanya ninja menyembunyikan wajahnya dibalik topi jerami yg lebar.
2. Pedagang.
3. Samurai, ini samaran yang paling praktis dan aman. samaran ini membuat mereka bebas berbaur dengan masyarakat.
4. Shukke/ pendeta Budha , samaran ini membuat mereka bebas mengintai tanpa dicurigai.
5. Sarukawa/Penari Noh Semua teknik penyamaran itu disebut Shichihode.

Untuk melengkapi samaran mereka, para ninja harus piawai bermain alat musik, membaca kitab Buddha, memahami berbagai ritual keagamaan, dan menguasai berbagai beragam dialek daerah. Itu yang membuat para ninja sangat menguasai peranan penyamaran mereka. Para ninja sebagai pasukan pencari informasi dan beladiri dalam melaksanakan tugasnya juga menggunakan senjata untuk melindungi diri dan melumpuhkan lawan.

Senjata utama ninja adalah pedang katana yang biasanya dibawa dengan disematkan di punggung. Selain pedang katana, ninja juga terkenal dengan senjatanya lainnya seperti :
1. Shuiriken /senjata rahasia, ada 4 macam bentuk shuiriken yaitu batang, pipih, silang dan pipih dengan 2 lapisan. Berat shuiriken antara 37,5-120 g dan bisa mematikan musuh dari jarak 3-9 m.
2. Mizugomo/laba-laba air, alat ini digunakan untuk membantu ninja menyebrangi sungai, terdiri dari 4 potongan kayu yang disatukan menjadi bentuk lingkaran dengan pijakan ditengahnya.
3. Nawa Bashigo /tangga tali digunakan untuk memanjat.
4. Geta/sepatu kayu, bagian dari mizugomo digunakan untuk membantu bergerak lebih cepat di atas air.
5. Shinobi kumade/cakar besi, digunakan sebagai senjata yang melekat pada bamboo atau dilontarkan pada cakarnya saja.
6. Kunai/ penggali tanah, berupa pisau pendek untuk menggali tanah atau membantu bergerak di dalam tanah.
7. Shinobi Gatana/ Pedang pendek yang memiliki bentuk tebal dan berat dengan panjang hanya 60 cm, biasanya digunakan untuk menusuk lawan atau sebagai pijakan saat memanjat, sedangkan sarungnya bisa digunakan sebagai tabung.

Beberapa contoh tehnik ninja yang dipakai dalam menjalankan misinya: Uzuragakure, saat nyaris kepergok oleh musuh pada malam hari, mereka harus bertiarap dan serata mungkin dengan tanah, serta menahan nafas (selambat mungkin). Kannongakure,jika kepergok musuh siang harimaka ia harus melakukan dua cara, berpura-pura jadi orang gila atau bersembunyi hingga tak terlihat. Kunoichi, karakter ini cocok untuk ninja wanita misalnya ia harus menyusup ke markas musuh dengan menjadi pembantu. Inchuyou,saat kehadirannya di curigai mereka akan berpura-pura menjadi anjing atau kucing dengan menirukan bunyinya.
Nah itulah sedikit tentang ninja, dimana sekarang sudah jarang ada lagi, satu hal yang disesalkan jika hal itu punah..

Iklan

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Desember 25, 2009, in Pojok Jepang. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: