Wonogiri di Mata Saya..


Kereta Ratu Pantai SelatanDan akhirnya laju Bis Pacitan Jaya Putra ini pun melintasi Gapura besar symbol kemegahan Wonogiri. Yap Wonogiri, salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan kota gaplek tapi masyarakatnya sudah tidak mengenal gaplek itu sendiri. Mungkin yang masih di ingat dari sebuah gaplek hanyalah sebuah ungkapan halus “Nggaplek i” yang masih sering terdengar dari mulut ke mulut. yang terkenal dari kota ini selain gapleknya adalah bisnya. Yaa wonogiri merupakan kota yang mempunyai banyak perusahaan bis mulai dari Gajah Mungkur, GMS, Tunggal Dara, Tunggal Daya, Timbul Jaya, Sedya Mulya, Sari Giri, Ismo, Purwo Widodo dan masih lumayan banyak lagi. Selain itu kota ini merupakan hulu dari sungai Bengawan Solo dan mempunyai pembangkit listrik yang di alirkan ke sebagian pulau jawa, makanya jangan pernah sok sama orang wonogiri, karena kalian berhutang listrik dan air dari kota ini, walaupun kadang ada berita kekeringan dari kota ini (Ironis sih). Tapi saya ga akan bahas semua itu.

Laju bus pun semakin memasuki tengah kota, jika sedang melakukan perjalanan saya akan selalu menyempatkan terbangun jika bis memasuki kota ini. Eniwei kenapa dengan kota ini? Yap, kota ini pernah saya singgahi selama tiga tahun untuk menimba ilmu di salah satu Almamater terkemuka di kota tersebut, Smanda Giri (SMAN 2 Wonogiri). Di kota ini pula saya memulai kehidupan remaja saya, berteman, belajar membengkel, berorganisasi, bertualang dan mengukir cerita tentang kisah cinta remaja dan lainnya.

Di atas bus yang melaju perlahan memasuki kota, pikiran sya melambung ke masa lalu saya, selama tiga tahun di kota tersebut saya benar benar mendapatkan masa SMA saya, tumbuh dan berkembang, mendapatkan pengalaman-pengalaman seru, mencuri mangga d SMA (maafkan saya bapak, saat itu saya lagi ngidam), mengintip tetangga belakang rumah yang sedang mencuci piring (semoga di takkan pernah membaca notes ini), berteriak-teriak di stadion saat Persiwi maen (tapi jarang menang), Kemah di alas Kethu, Keron dan lomba TLC di Baturetno, long march Lawu-wonogiri (Hidup Pramuka), membantu temen nuker sandal jeleknya di masjid Taqwa (ya Allah maafkan hambamu ini) dan pernah juga Juara Badminton bersama Rekan Tito(To masih inget ga?? Berapa ya hadiah e??). Selain hal seru hal sedih dan mengecewakan juga pernah saya rasakan. Saat Kehilangan teman Seperjuangan, kekalahan lomba, liat cewek yang saya suka di embat orang, kejadian pukul memukul,dan lainnya.

Yah seiring bis yang melintas kota ini, saya ingin berterima kasih kepada Teman-teman SMANDA Giri angkatan 2006, khususnya anak-anak 1.3, 2.3, yang ternyata sekarang pada sukses,(Yos beda, luluw brisig, anabaena, Festy, Ambar, Pawes, dan lain2nya) dan 3 IPA 5( rosyid, bima, topic, tito,tobos, susi satzhi, arum chubby, fitria indriani, mey nech dan semua sekuad kelas ini termasuk wali kelas kita Ibu Santi, eh kita pernah dapat runner up liga smanda), anak-anak pramuka Ambalan P. Diponegoro/ R.A Kartini, Keluarga Pak Sukiyo, MPK Smanda, kang Semar (Tenan ki aku ra nesu karo kowe), Fitria I.U, Zombie, hendra, Pita, Kangmas Dafid, mbak Rista, jalan Lawu-Wonogiri (tengkyu atas pengalaman melintasinya), kelompok KIR Kimia, Hik Mas Min, Si jack, Kantin Pak Jan, Matur suwun sanget kagem Bapak /Ibu Guru Smanda, dan semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Matur nuwun sanged sedoyo, Arigato gozaimasu, Tengkyu very much…

Dan tak terasa bispun semakin menjauhi pusat kota wonogiri menuju pacitan, tak terasa pula telah tiga tahun saya meninggalkan kota ini, walau tak pernah benar-benar meninggalkannya. Akhirnya saya pun berurbanisasi ke Ibukota negeri ini untuk melanjutkan takdir saya (maafkan saya Pak SBY karena saya berurbanisasi dan harus meninggalkan Pacitan, hiks. Yah bagaimanapun, wonogiri pernah membesarkan saya dan memberikan saya banyak pengalaman hidup hingga saya tumbuh dan berkembang menjadi seperi sekarang. Sebuah pejaman mata dan senyum kecil pun terbentuk dari wajah saya. TERIMAKSIH WONOGIRI……

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Desember 25, 2009, in Ruang Santai. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. wah jadi kangen wonogiri juga ni, haha

  2. klo gak salah… dari solo ke gunung kidul lewat wonogiri ya… bisa..?
    jadi inget temen ku asli wonogiri panji nugroho namanya

  3. saya nggak begitu tau tentang wonogiri.. meskipun begitu saya sudah beberapa kali kesana, kalo nggak salah 3-4 kali karena budhe saya ada disana.. kesana hanya sekedar kunjungan keluarga saja, belum sempat mengeksplor wonogiri lebih jauh, mungkin suatu saat nanti…

Tinggalkan Balasan sob..

