Romeo Juliet (potret dunia supporter Indonesia)


cover film

Barusan nonton film yang bisa menginspirasi para Insan Suporter Sepakbola Indonesia, walaupun konfik-konflik yang ditampilkan agak-agak lebay tapi memang bagus sih.

Yap, saya telah menyelesaikan nonton romeo dan Juliet yang sebenarnya telah tayang lama banget di bioskop. Tapi saya dulu tidak tertarik nonton karena kesannya memang ini film adalah film romantic walaupun dibumbui aroma sepak bola, atau lebih tepatnya permusuhan antara dua kelompok supporter di Indonesia.

Hmm, bercerita tentang kisah cinta remaja, yang sama-sama gila bola, Rangga si cowok adalah supporter Persija Jakarta sejati atau Jakmania dan si cewek bernama Desi yang notabene orang Bandung berasal dari keluarga yang sangat fanatic terhadap Persib Bandung atau Viking. Sebenarnya tidak ada yang salah atas percintaan mereka karena sebenarnya mereka saling mencintai. Akan tetapi masalah muncul ketika prinsip berbicara, dimana Jakmania dan Viking itu merupakan seteru abadi semenjak adanya tawuran supporter yang menewaskan beberapa orang dari kedua pihak. Kakak Desi yang merupakan orang yang disegani dikalangan Viking tidak menyetujui hubungan Desi dengan Rangga Setelah tahu bahwa Dhimas adalah seorang Jakmania.

Akhirnya Desi pun kabur dari rumah setelah Rangga melamar dia di rumahnya dan sempat dipukulin sama si kakak. Akhirnya setelah mendapat persetujuan sang Ibu, akhirnya Desi pun menikah secara diam-diam dengan wali pamannya. Karena situasi yang tidak kondusif untuk mereka di kedua kota itu, Jakarta dan Bandung, setelah sempat juga keduannya dicap pengkhianat karena berhubungan dengan musuhnya, akhirnya mereka berpindah ke Malang.

Yap seperti itulah review singkatnya hingga di akhir film ini si Rangga tertusuk pisau setelah babak belur dihajar viking di Bandung karena ingin bertemu Desi saat Persib maen di Stadion.

Dipilihnya Malang sebagai kota Tujuan mungkin menurut saya karena Aremania julukan supporter Arema Malang adalah supporter yang berkawan dengan Jakmania. Dan notabene Arema adalah supporter yang cukup sportif dan santun dalam menjamu supporter lain. Walaupun mungkin saat film itu dibuat Aremania sedang menjalani sangksi akibat hukuman dari Komisi Disiplin PSSI karena berbuat Onar di Kediri yang dipicu oleh keputusan kontroversial wasit yang memimpin pertandingan.

Yap memang seperti itulah kondisi persepakbolaan negeri ini, para suporternya memiliki musuh dan sahabat, seperti di italia yang muncul golongan supporter ultras, di Indonesia juga muncul golongan garis keras atau militant yang sangat fanatik terhadap klub yang di dukungnya hingga tidak jarang mereka tidak bisa menerima kalo tim mereka kalah dan melampiaskannya melalui aksi anarkis.

Lalu sampai kapan aroma permusuhan dan dendam di luar lapangan ini akan selalu ada di dunia sepakbola Indonesia?? Seperti Jakmania dengan Viking, Aremania dengan Bonek, dan lainnya. Saya adalah seorang Aremania, ora iso matek cok, otomatis saya membenci Bonek, tapi kalo harus anti memang tidak bisa karena tidak seperti sepakbola, kehidupan itu lebik kompleks. Bukan hanya meikirkan tim kita menang, kalah dan seri, masih ada Indonesia di dada kita, saya yakin para supporter klub juga seperti itu, maka seharusnya kita harus mengesampingkan sikap kedaerahan atau fanatisme sempit yang sering mengawali berbagai aksi tawuran supporter di Indonesia.

Mungkin paling tidak kita harus mencontoh supporter Inggris yang sangat damai jika ada pertandingan antara klub sesama liga Inggris, tidak ada tawuran antar supporter dan tidak ada batas yang seperti kerangkeng yang memisahkan supporter dan lapangan. Mereka sadar karena memang mereka masih sebangsa yang harusnya saling mendukung dan bergandengan tangan. Tapi jangan salah jika yang bertanding adalah Ingris atau klub Liga Inggris yang bertanding dengan timnas atau klub dari Negara lain. Holigan Inggris adalah supporter yang dikenal brutal.

Bukannya untuk mencontoh supporter inggris tapi kita sebagai Aremania, Jakmania, Viking dan lainnya bahwa diatas atribut itu semua kita harus memandang Indonesia, kita sebangsa setanah air, tak ada yang positif dari perseteruan itu semua, yang hanya akan memperlebar jurang pemisah diantara bangsa Indonesia itu sendiri dan membuat kita terkotak-kotak.

Indonesian Suporter

Damailah Suporter Indonesia, salam satu jiwa dari Arema Indonesia!!!

Iklan

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Januari 10, 2010, in Bola dan Arema. Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. cerita juliet dan romeo yg bru, cba di kirim y…………?

  2. romeo juliet jadi macem2 versi
    1.romeo and juliet yang asli,
    2.romeo x juliet yang dijadikan animasi.yaitu kartun jepang ditayangkan di animax.
    3 romeo juliet yang baru saya dengar sekarangg

  3. Sepertinya menarik 🙂
    salam kenal..

    Yui :silahkan ditonton ffilmnya, pasti mantap..

  4. coba supporter dimanapun, bisa akur kayak romi dan yuli yah he he he he….

    Yui : ia, pasti maju indonesia..

  5. wah tanganya kemana2 iwq heheh

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

    Yui : yah ada-ada aja sob..:D

  6. wah aku belum nonton nih, btw poster yang terakhir bagus… tapi sayang jarang menemuinya….

  7. sepertinya bagus yaa…… 😀

    Yui : baguss…

  8. wah … viking bisa heboh nih 😀
    semoga bisa menjadi kenyataan, akur beneran,

    btw, doakan persib akan melawan bonek surabaya, moga bandung ttp aman tentram dan nyaman. melihat banyaknya bonek yang sdh menuju bandung … sereeeeem

    Yui : bukannya kalo viking bilang, bonex viking sama saja..?? ya tapi semoga aja semua lancar

  9. ini film buatan bang ucup sarucup itu ta…
    komntator bola idola gue yang sering di ANTV itu

    Yui : ho,oh andy bachtiar yusuf nyang bikin sob…

  10. pagi morning.
    blue dah nonton filmnya
    keren
    nikmat banget ditonton koq filmnya
    salam hangat dari blue

  11. salaman aja 😀

    Yui :salaman balik…

  12. pertamaxxx 🙂
    saya juga udah nonton nie film nya 🙂

    yui :selamat anda pertamax…

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: