Tips Kemping ala Yui


Kemping itu sebuah pengalaman

hmm sodara-sodara sebangsa dan setanah air, kali ini saya ingin berbagi tips kemping atau yang lebih gaul disebut ngecamp. yap karena saya emang hobi sekali berbackpacking dan kadang berpetualang, jadi emang saya sering ngecamp dimanapan dan dalam kondisi apapun. dalam ngecamp, semua peralatan dan kebutuhan harus benar-benar dipersiapkan sedemikian rupa agar kita tidak menemukan hambatan yang kadang bisa beresiko fatal dalam petualangan kita.

yap apa saja yang harus disiapkan kalo kita berencana untuk ngecamp??

1. kenali medan sebelumnya, paling tidak anda harus mengetahui keberadaan sumber air tawar di sekitar tempat kemping, jangan sampai anda kemping di pulau tanpa sumber air tawar tanpa membawa persediaan air tawar yang cukup. apabila anda kemping jauh dari peradaban dan benar-benar di alam liar, maka persediaan jumlah makanan harus benar-benar mencukupi untuk tenggang waktu kemping. selain itu kenali suhu dimana anda kemping, diperlukankah pakaian penghangat tambahan, gloves hingga slayer untuk mengurangi hawa dingin jangan membawa ini semua jika memang tidak diperlukan. selain hal tersebut, pastikan masalah perijinan disini, apakah tempat untuk ngecamp tersebut sedang dibuka atau ditutup untuk umum, agar perjalanan anda tidak sia-sia.

contoh surat ijin ngecamp

2. mempersiapkan segala kebutuhan untuk ngecamp, dalam hal ini, yang pelu dibawa adalah : tenda,contoh tenda pleton, tenda dome, senter, kompor paravin atau gas (bisa diganti kayu seumpama bisa diatasi) senjata tajam atau pisau,obat serangga, jas hujan (ini barang vital banget) dan logistik lainnya untuk makan dan minum. dalam hal ini diperlukan kecermatan perhitungan barang bawaan terkait logistik, makanan,minuman dan pakaian, sesuaikan dengan lamanya kita kemping. hal tersebut untuk menghindari bawaan yang sia-sia dan kelebihan beban saat perjalanan. jangan lupa untuk menceklist semua barang bawaan.

3.lalu setelah sampai di tempat camping, cari tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. nah carilah padang yang luas, tidak terlalu dekat semak-semak untuk menghindari binatang buas dan jangan di tanah yang lembab, jangan di bagian dimana kalau hujan kira-kira air akan menggenang di situ. dirikanlah tenda sebelum matahari tenggelam, agar bisa lebih cermat untuk penempatanya, memastikan di sekitar tenda tidak ada sarang semut dan hewan berbahaya lainnya.

4. segera nyalakan api ketika malam datang, hal ini berfungsi untuk menghangatkan suhu disekitaran tenda dan menjauhkan tenda dari kedatangan binatang buas yang bisa saja mengganggu, selain itu juga mengurangi peredaran nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. gunakan kayu dan ranting pohon yang kering, kurangi pembakaran plastik agar api juga bisa digunakan untuk memasak dan bakar-bakar makanan. carilah tempat untuk membuat api unggun yang anginya tidak menuju tenda, agar menghindari kebakaran dan tempatkan di titik yang sekiranya aman.

api unggun memberi kehangatan

5. siapkan senter korek dan pisau di tempat yang mudah dijangkau sehingga bisa diakses kapan saja. dan pastikan anda membawa jas hujan walaupun anda tidak akan tahu kapan anda akan memakainya.

6. yap untuk meninggalkan lokasi kemping setelah selesai, pastikan semua barang sesuai di ceklist keberangkatan sudah terangkut kembali, jangan meninggalkan sampah di lokasi kemping, bawalah sampah sampai di tempat sampah yang ada. pastikan api mati unggun telah mati sebelum kita pergi. datang bersih pulang bersih.

yap sedikit tips diatas hanya diambil dari pengalaman saja, semoga tips diatas bisa membantu kalian yang berencana untuk ngecamp.

Iklan

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Agustus 30, 2010, in Catatan Jalanan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: