Pantai Teleng Ria Pacitan, Surga Baru Para Surfer


Satu lagi Obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Pacitan, yap setelah menyelesaikan postingan tentang Goa Gong yang indahnya ga ketulungan, sekarang saatnya postingan spot wisata yang lain yang ada di wilayah Kota 1001 Goa ini. Waktunya saya memperkenalkan :

Sudut Indah Teleng Ria

Pantai Teleng Ria berada di Kabupaten Pacitan, sekitar 3 Km dari pusat kota. Hanya butuh waktu 10 menit mencapai Pantai Teleng Ria dari Alun-alun kota. Kabupaten Pacitan terletak di Pantai Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, sehingga untuk mencapai Pantai Teleng Ria akan lebih cepat jika melalui Yogyakarta. Hanya butuh waktu 3 jam perjalanan. Akses jalan dari Yogyakarta menuju Pacitan pun sangat baik meski ruas jalannya tidak terlalu lebar. Jika berangkat dari Yogyakarta hanya butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mencapai pantai ini dengan menggunakan travel jurusan Jogjakarta-Pacitan.

Pantai Teleng Ria itu lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan (khas Pacitan banget).

Teleng Ria dari Google Maps

Meskipun merupakan pantai selatan, namun ombak di Pantai Teleng Ria relatif kecil, ini cukup bagus bagi para pecinta olahraga surfing, khususnya mereka yang masih dalam kategori pemula. Antara bulan Juni – Agustus pantai Teleng Ria menjadi tempat migrasi kelompok ubur-ubur. Biasanya pada bulan Juni – Agustus banyak ubur-ubur yang berwarna ungu muncul di pantai ini.

Teleng Ria sekarang dioperasikan oleh PT.EL JOHN Tirta Emas Pariwisata yang merupakan investor yang telah berpengalaman mengelola obyek wisata dan memiliki jaringan internasional seperti industri wisata di Bangka-Belitung, Jakarta, Bali dan beberapa kota wisata lainnya di Indonesia semenjak 15 September 2008. Diharapkan ke depan setelah dikelola oleh pihak swasta, Pantai Teleng Ria bisa lebih baik dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pendapatan Pacitan dari sektor pariwisata.

Selancar di Teleng Ria

Meskipun karakter ombaknya yang tidak besar, namun Pantai Teleng Ria cukup representatif untuk melakukan surfing. Karakter ombak yang tidak besar membuat pantai ini cocok untuk para surfer pemula. Pantai Teleng Ria juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis mancanegara yang ingin menikmati wisata pantai. “Walau pun belum terlalu banyak, tapi wisatawan asing juga ada yang datang ke sini, mereka senang karena disini tidak terlalu ramai. Belum ramainya aktivitas surfing di Pantai Teleng Ria membuat pantai ini menjadi alasan para surfer asing berselancar di sini karena tak perlu rebutan ombak dengan banyak peselancar lain. Turis asing yang surfing di sini biasanya berasal dari Australia dan Swiss.

SBY sedang liburan

Melihat kelengkapan alam dan fasilitas yang akan dibangun, kiranya Pantai Teleng Ria siap menjadi destinasi pantai primadona. Selain itu, jika anda ingin lebih terpuaskan, ada pantai baru yang menjadi primadona baru di Pacitan, yaitu Pantai Klayar yang banyak dikunjungi karen keindahannya.

Atau jika anda ingin menikmati sensai Camping di Pulau tak berpenghuni di selatan Pulau jawa, coba cek ke Pulau Sempu, sensasinya beda.

Iklan

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Mei 11, 2011, in Catatan Jalanan and tagged , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Bantu info saat bawa bus pariwisata besar kesana. Sering keteteran shuttle. Suwun

  2. wah bagus banget tempatnya. kapan ya bisa jalan2 kesana

  3. keren, pak SBY saja berkunjung. maklum, sembari pulang kampung halaman kali ya. hehe

  4. Waaaaah itu dari foto satelit…. eh tunggu… itu hitam-hitam apa ya? Tebing? Atau… perumahan?

  5. wah srawu-nya paling ditunggu ni!!!

  1. Ping-balik: Goa Gong, Pesona wisata Pacitan | yuiworld

  2. Ping-balik: Goa Luweng Jaran, Goa Vertikal Sasaran Pecinta Caving | yuiworld

  3. Ping-balik: Pantai Klayar, “Tanah Lot”nya Pacitan | yuiworld

  4. Ping-balik: Pulau Sempu, Phiphi Island Aseli Malang | yuiworld

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: