Ke Singapura Rute Batam


Maskot Temasek, bukan saya tapi belakang saya

Maskot Temasek, bukan saya tapi belakang saya

Banyak jalan menuju roma, mungkin begitulah peribahasa yang tepat untuk pengalaman melancong ke Temasek ini sob. Selain dengan memanfaatkan tiket penerbangan promo dari Maskapi seperti Air Asia dan Tiger Air yang mengantarkan anda dari penjuru Indonesia langsung ke Changi Airport, juga bisa mencoba rute perjalanan lainnya seperti pergi ke Singapuradengan naik kapal ferry dari batam. Dengan cara ini kita nggak hanya bisa berwisata ke Singapura sob, tapi juga bisa mampir di Batam buat mencicipi Sup Ikan Batam dan berwisata di batam yang dikenal sebagai are perdagangan bebas / free trade zone. mampir sini juga bisa bawa oleh 0leh elektronik atau gadget dengan harga miring.

Dimulai dari Cengkareng

Seperti biasa perjalanan melancong dimulai dari SHIA menuju ke Bandara Hang Nadim Batam. Bandara ini cukup besar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Nah, kalo memang kita berencana berenang dari Batam ke Singapura, maka saya sarankan untuk membeli tiket kapal ferry ke Singapura di bandara saja, dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika anda beli di pelabuhan. Anda bisa beli harga kapal ferry pulang pergi Batam-Singapura seharga $13 saja, sedangkan kalau anda beli di pelabuhan, harganya $15. Dari Bandara Hang Nadim, transportasi yang bisa buat jalan-jalan adalah taksi, banyak taksi gelap tapi harganya ga gelap-gelap amat. Tinggal keluar dan naik salah satu taksi yang berjejer di parkiran taksi pas di depan pintu utama bandara. Ga ada antrian, jadi naik aja taksi yang kosong.

Pelabuhan Kapal Ferry Batam Center

Sebenernya ada beberapa pelabuhan kapal ferry di Batam. Pelabuhan yang paling dekat dari bandara adanya di Batam Center. Batam Center adalah pelabuhan baru yang menggantikan pelabuhan Batu Ampar yang sudah tua dan ga layak pakai. Selain Batam Center, juga ada pelabuhan ferry di Sekupang yang juga melayani tujuan Singapura, tapi lokasinya lebih jauh dan harga taksinya pun akan pasti lebih mahal.
Tiba di Batam Centre, ada juga tempat beli tiket kapal ferry, kalo belum sempat beli di bandara hang nadim, beli di sini juga bisa, ada beberapa perusahaan kapal ferry yang melayani tujuan Singapura, tapi saya sarankan untuk menggunakan Berlian Ferries atau Penguin Ferries, selain yang paling banyak armadanya juga masih baru.

ferry yang mangkal di batam center

ferry yang mangkal di batam center

Membeli tiket nyeberang juga harus pake passport karena petugasnya akan membuat boarding pass sesuai dengan nama anda di paspor. Selain itu, petugas ferry juga akan memberikan anda dua kartu imigrasi, yang satu adalah kartu imigrasi Indonesia dan satu lagi adalah kartu imigrasi Singapura, dengan nama anda sudah tercetak disitu. Setelah urusan tiket selesai, dan anda sudah memastikan tempat sudah di-booking untuk pemberangkatan ferry selanjutnya, baru anda harus pergi ke bagian imigrasi agar mendapat ijin untuk menyeberang, disini passport anda akan diperiksa, di cocokan nama dan tiket serta foto dengan wajah kita agar ga terjadi penyelundupan-penyelundupan yang bisa saja terjadi.

Harbourfront Ferry Terminal

Peryeberangan ke Singapura akan memakan waktu sekitar satu jam yang cukup bikin ngantuk, kecuali anda mabuk laut. Sedangkan waktu Singapura sama dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA), untuk itu sesuaikan waktu anda untuk yang masih memakai WIB atai WIT.

Sesampainya di Singapura, ferry akan berlabuh di terminal ferry Harbourfront. Sewaktu keluar dari ferry, anda harus membawa barang-barang anda sendiri, melewati imigrasi dan custom. banyak penumpang yang turun dari Ferry lalu berlari-lari menuju ke imigrasi, dikarenakan menghindari antrian panjang di imigrasi. benar adanya, jika banyak kapal merapat bersamaan, maka jika anda ga bergegas maka anda akan banyak kehilangan waktu di bagian imigrasi ini.

Dari Harbourfront Center

Setelah proses imigrasi selesai, pastikan paspor anda sudah di-cap oleh petugas dan kartu imigrasi anda sudah disobek sebelah, maka sebelahnya jangan sampai hilang. Setelah anda melewati custom dan barang-barang sudah dicek, baru anda keluar dari terminal ferry dan akan langsung masuk ke Harbourfront Center, yang memang satu gedung dengan pelabuhan ferry. Harbourfront Center adalah salah satu shopping mall yang megah di Singapura yang diintegrasikan dengan pelabuhan kapal ferry.
bis
Dari sini, banyak pilihan transportasi umum untuk menuju ke bagian lain di Singapura. Jika anda ingin menggunakan MRT (kereta api), maka anda tinggal jalan terus ke bagian depan mall dan cari eskalator turun ke stasiun MRT di bawah tanah. Jika anda ingin menggunakan taksi, anda bisa langsung ikut antrian taksi yang berlokasi di depan mall. Kalau mau naik bus, anda bisa jalan ke depan mall dan tunggu di bus stop pinggir jalan, atau naik ke lantai dua dan menyeberangi jembatan penyeberangan ke terminal bus Harbourfront di seberang mall. Ke Universal Studio juga bisa dari sini. dan jangan lupa, disini disediakan banyak peta Singapura untuk panduan.

universal studio

universal studio

Kembali ke Jakarta via Batam

Untuk kembali dari Singapura ke Jakarta lewat Batam, caranya ya hampir sama. anda harus tiba di Harbourfront Center paling ga satu jam sebelum keberangkatan ferry. Setibanya di Harbourfront, langsung ke bagian pelabuhan di belakang dan naik ke lantai dua. Cari counter ferry anda (Berlian atau Penguin) dan book untuk perjalanan ferry berikutnya. Disini, anda juga harus menyiapkan paspor untuk petugasnya menerbitkan boarding pass atas nama anda. Sama seperti keberangkatan dari Batam ke Singapura tadi.

Banyak yang bisa dinikmati di Singapura, banyak hal yang bisa dijelajahi singapura, karena kecil bukan berarti ga bikin capek, sedia suplemen itu penting. Untuk apa saja yang bisa dikunjungi sudah ada di peta yang bisa anda dapatkan di peta-peta wisata, males mengulasnya karena memang ya gitu-gitu aja.hehe

Jembatan

Jembatan

Iklan

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on September 3, 2013, in Catatan Jalanan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: